Review Laptop ASUS Vivobook M413 DA

by - December 21, 2021

Review ASUS Vivobook M413 DA

Akhirnya pada akhir tahun 2020 lalu, saya memutuskan untuk mengganti laptop tua saya dengan laptop yang performanya lebih gesit. Adalah ASUS Vivobook M413 DA, laptop yang menjadi incaran saya, karena selain harganya yang pas di budget, laptop ini juga cukup untuk mendukung produktivitas harian saya. 

Saat pertama kali ngeliat laptop ini, rasanya tuh kayak jatuh cinta pada pandangan pertama. Hal ini dikarenakan saya tertarik dengan tombol enternya yang berwarna hijau stabilo, sehingga membuatnya tampil beda dari laptop kebanyakan. 

Selain itu, yang bikin saya tertarik adalah ASUS Vivobook M413 DA ini memiliki logo ASUS yang berbeda dari biasanya. Kalau biasanya ASUS selalu menggunakan logo khasnya, tapi kali ini ASUS Vivobook menghadirkan logo baru dengan font yang simpel dengan tulisan ASUS Vivobook yang menjorok ke sebelah kanan. 

Lalu bagaimana untuk performa dari ASUS Vivobook M413 DA? Untuk tau lengkapnya, baca review ini sampai akhir ya.. 

Review Laptop ASUS Vivobook M413 DA

ASUS Vivobook M413 DA

Desain Manis dan Minimalis

Asus Vivobook M413 DA ini punya desain yang simpel dan ringan. Bodynya berwarna hitam doff sehingga terkesan manis dan enak dipandang. Bobotnya juga ringan hanya 1,4 kg saja dengan dimensi yang super tipis hanya 17.9 mm. Desain yang ultraslim ini membuat laptop jadi mudah dan ringan bila dibawa kemana-mana. 

Pada bagian top covernya, terdapat ruang kosong dan polos. Nah, ini gunanya adalah agar bisa kita custom dengan menempelkan berbagai stiker yang telah disediakan oleh ASUS. Sehingga laptop bisa mencerminkan kepribadian kita.
Tapi kalo saya sendiri sih lebih suka yang polosan aja. Terlihat lebih kalem dan elegan. 

Layar NanoEdge Display

ASUS Vivobook M413 DA

ASUS M413 DA menggunakan layar 14 inch dengan resolusi full HD. Layar ASUS ini juga telah didukung dengan fitur andalan, yaitu Nanoedge display, yang artinya layar pada laptop ini punya bezel yang tipis sehingga bisa memberikan ratio layar sebesar 84%. Hal ini menjadikan body laptop menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan laptop 14 inch lainnya.

Berkat bezelnya yang tipis pula, viewing angle menjadi lebih lebar, yaitu 178 derajat, sehingga kita masih bisa melihat layar dengan jelas meski dari sudut yang dangkal. Layarnya juga dilengkapi webcam berosolusi 720 p, 

Layarnya juga telah didukung dengan fitur ASUS eyecare yang dapat melindungi mata agar tidak cepat lelah. 

Keyboard Backlit


ASUS Vivobook M413 DA juga telah dilengkapi dengan backlit keyboard sehingga masih bisa digunakan untuk bekerja di kondisi yang minim cahaya. Selain itu travel key nya memiliki jarak 1,4 mm sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik. Ditambah lagi adanya aksen berwarna kuning stabilo pada tombol enter yang makin mempercantik tampilannya.

Dengan adanya aksen kuning stabilo ini, kita jadi lebih presisi saat menekan tombol enter. Secara kan, tombol enter merupakan salah satu tombol yang sering kita gunakan saat sedang mengetik.

Touchpad dilengkapi Fingerprint

ASUS memiliki touchpad yang dilengkapi  dengan fingerprint dan sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga kita bisa dengan mudah unlock laptop hanya dengan sidik jari saja. Penggunaan fingerprint ini juga membuat laptop menjadi lebih aman karena hanya pemilik saja yang bisa mengaksesnya.

Performa Gesit

Ini dia yang menarik, meski punya bodi yang ringan dan tipis, namun asus tidak mengesampingkan performanya. ASUS Vivobook M413 DA ini ditenagai dengan AMD Ryzen 3 3250U dengan teknologi fabrikasi 12nm. Ini membuatnya bekerja cukup dingin sehingga bisa bekerja efektif meskipun pada pasokan daya yang rendah.

Ryzen 3 3250U ini menggunakan dual-core (4 thread) dengan kecepatan kerja 2.6GHz yang bisa ditingkatkan sampai maksimal 3.5GHz ketika mode Turbo aktif. Sementara untuk performa GPU nya, ASUS M413 DA didukung oleh AMD Radeon RX Vega 3. RAM nya berkapasitas 8 GB DDR4 serta SSD 512 GB  sehingga membuat laptop memiliki performa yang powerful dan gesit untuk produktivitas sehari-hari. 

Dengan dukungan AMD ryzen dan graphic radeon, saya bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar. Misalnya, membuka browser dengan beberapa tab terbuka, sembari membuka office serta menjalankan aplikasi desain grafis seperti photoshop masih aman-aman aja, gak ada ngelag. 

Baterai

ASUS Vivobook M413 DA tak hanya gesit dalam hal performa tetapi juga hemat daya. Laptop ini menggunakan baterai yang berkapasitas 50 whrs 3 cell. Baterai juga sudah didukung dengan fitur fast charging yang bisa mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit. Bila digunakan untuk komputasi sehari-hari, laptop ini mampu bertahan hingga 5-6 jam. 

Konektivitas


ASUS Vivobook 14 M413 DA ini punya port yang cukup lengkap. Pada sisi kirinya terdapat port DCIM, HDMI, USB 3.2 Gen 1 type-A, USB-C 3.2 Gen 1 type-C dan combo audio jack. Sementara di sisi kanannya, terdapat 2 USB 2.0 dan slot micro SD.

Lalu, untuk konektivitas nirkabelnya, laptop ini didukung dengan konektifitas WiFi 5 802.11 ac (2x2) dan Bluetooth 5.0. WiFi 5 ini bekerja pada frekuensi yang lebih tinggi sehingga dapat menangkap sinyal yang lebih banyak. Sementara untuk Bluetooth 5 memiliki jangkauan 4 kali lebih cepat dari versi pendahulunya, memiliki kecepatan 2 kali lipat, lebih hemat energi dan memungkinkan untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus. 

Audio

Untuk audionya, ASUS Vivobook M413 DA sudah dibekali dengan audio Harman Kardon yang telah tersertifikasi. Dengan audio ini, kualitas suara jauh lebih jernih, detail dan berkualitas tinggi. 

Dilengkapi Fitur Link To MyASUS

ASUS Vivobook M413 DA juga telah dilengkapi dengan fitur link to myASUS. Dengan dukungan fitur ini, kita bisa menghubungkan laptop dengan smartphone sehingga produktifitas lebih maksimal. 

Berbagai fungsi dari fitur Link To MyASUS adalah dapat melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, berbagai file secara instan antara laptop dengan smartphone. Selain itu, smartphone juga bisa dijadikan sebagai layar kedua. 

Harga ASUS VivoBook M413 DA

ASUS Vivobook M413 DA dengan prosesor AMD Ryzen 3 dan graphics AMD Radeon ini saya beli dengan harga 8 Jutaan pada Desember 2020 lalu. Mungkin harga disetiap toko akan berbeda-beda tipis ya. Namun kisarannya ya di harga tersebut.

Pengalaman 1 Tahun Menggunakan Laptop ASUS Vivobook M413 DA


Pengalaman Menggunakan ASUS VivoBook M413 DA

Bila dibandingkan dengan laptop usang saya, yaitu notebook Lenovo seharga 3 jutaan pada tahun 2013 lalu, tentu aja asus Vivobook M413 DA ini punya performa yang jauh lebih gesit dan kencang. Ya, gak setimpal sih kalau mau dibandingin, pasalnya notebook Lenovo saya sudah sangat tua dan super lemot, kinerjanya benar-benar kayak siput dan kalau diajak kerja bawaannya gemes banget. Kerjaan gak kelar-kelar bikin kezal.

Nah, sejak pakai ASUS Vivobook M413 DA ini, kinerja saya jauh lebih produktif dong tentunya. Saya bisa buka aplikasi bebarengan tanpa ada ngelag-ngelag. Bisa ngeblog sambil ngeYouTube sambil bikin infografis.

Senangnya, berkat pakai laptop ini, saya lebih sering menang lomba blog dan bisa ikutan berbagai job ngeblog, ikut webinar dan lain-lain. Semua bisa saya kerjakan dengan cepat sesuai dengan deadline. 

Lalu, untuk audio juga jernih banget suaranya berkat dukungan Harman/Kardon. Biasanya pakai laptop lama tuh sudah pakai sound maksimal 100% suara masih samar-samar sementara pakai Harman/Kardon, sound 30% aja sudah merdu syekali. 

Kalau untuk bermain game, saya belum pernah ngetes sih karena gak terlalu hobi nge-game. Tapi kalau dari berbagai review, laptop ini masih cukup kuat untuk bermain game yang ringan-ringan aja, kalau game berat masih agak kurang oke performanya. 

Demikianlah, review ASUS Vivobook M413 DA, semoga review saya ini bermanfaat ya.. 


Salam,


You May Also Like

0 comments