Review Film Spiderman : No Way Home

by - December 24, 2021


Tidak terasa pandemi Covid 19 sudah hampir 2 tahun melanda. Selama pandemi semua tempat hiburan  ditutup karena harus menerapkan protokol kesehatan, bahkan banyak juga pengusaha hiburan yang gulung tikar saat pandemi ini, termasuk bioskop yang menjadi tempat hiburan ketika saya merasa penat dengan aktivitas sehari-hari.

Jadilah, selama pandemi, hiburan saya hanya melihat film di layar laptop atau handphone yang tentu aja sensasinya berbeda dengan menonton di bioskop. Sebab, tak ada layar lebar dan suara yang menggelegar serta aroma khas popcorn dan cemilan yang menambah keseruan saat menonton film.  

Hampir 2 tahun berlalu, Alhamdulillah kasus Covid melandai, PPKM pun sudah turun menjadi level-1 dan akhirnya bioskop sudah mulai dibuka walau dengan protokol kesehatan yang ketat. Dikutip dari kompas.com bahwa sekitar 90 persen bioskop di grup Cinema XXI telah mendapatkan izin dan rekomendasi untuk melakukan uji coba operasional di sejumlah wilayah. Dan menonton di bioskop kini bukan menjadi sesuatu yang fana untuk dilakukan. Akhirnya saya bisa kembali menonton film di bioskop setelah hampir 2 tahun, yeay..

Antusias saya untuk menonton film di bioskop semakin menggebu ketika Marvel Cinematic Universe (MCU) mengeluarkan sequel film dari Spiderman yaitu Spiderman No Way Home. Rasanya penantian 2 tahun ini terbayarkan dengan Film terbaru dari MCU ini. Karena saya adalah penggemar film dari MCU dimulai dari film pertama MCU Iron man 2008 sampai terakhir yang saya tonton adalah Black Widow 2021. Itu pun juga saya menonton di laptop dengan berlangganan streaming Disney + hotstar. yah seperti saya ceritakan tadi experience menonton di laptop atau di HP sangat jauh berbeda dengan studio bioskop. 

Nah, buat kalian yang penasaran dengan ceritanya, boleh intip dulu review film spiderman : No Way Home ini ya. Tenang, gak akan spoiler kok! :D

Sinopsis Spiderman : No Way Home 

Sinopsis Spiderman No Way Home

Bercerita tentang terbongkarnya identitas asli dibalik topeng Spiderman yaitu Peter Parker yang diperankan oleh tom holland, sebelum tewas akibat ulahnya sendiri Mysterio yang menjadi villain (karakter jahat) di film Spiderman - Far From Home mengungkap identitas asli dari spiderman dan juga memfitnah bahwa yang membunuh dirinya adalah Peter Parker dengan teknologi drone dari Stark Industies, Mysterio juga mengirimkan video rekaman tersebut ke Daily Bugle yang kemudian media menyebarkan kebencian kepada masyarakat bahwa Spiderman adalah pembunuh pahlawan Mysterio. 

Karena kehidupannya terekspos maka tidak ada lagi privasi dalam keseharian Peter Parker dan hal ini membuat dia meminta bantuan Dr. Strange untuk mengembalikan kehidupan normalnya dengan mantra sihir. Tapi karena sifat Peter Parker yang terburu-buru dan tak berpikir panjang membuat Dr. Strange salah mengucapkan mantra dan membuat musuh dari dunia lain berdatangan. 

Kejadian ini semakin membuat saya penasaran setelah trailer yang dikeluarkan oleh pihak Marvel Entertainment di youtube  menampilan musuh-musuh Spiderman dari dunia lain berdatangan seperti Doctor Octopus atau Otto Octavius yang diperankan Alfred Molina, Green Goblin atau Norman Osborn diperankan Willem Dafoe, Sandman atau Flint Marko diperankan Thomas Haden Chruch serta Lizard atau Dr Curt Connor diperankan Rhys Ifans dan Electro atau max dillon diperankan jamie foxx. 

“Astaga apa-apaan ini” decak kagum dalam hati saya melihat musuh-musuh dari film spiderman pertama (2004) dan film the amazing spiderman (2012) bermunculan di film ini, dari sinilah yang membuat saya membeli tiket dengan aplikasi M-tix Cinema 21 di handphone saya karena penasaran dengan akhir cerita film ini. 

Review Film Spiderman : No Way Home


Film dimulai seperti sinposis film, yaitu terbongkarnya identitas Spiderman oleh Mysterio yang juga memfitnah Peter Parker adalah seorang pembunuh, ditambah media Daily Bugle yang membesar-besarkan Hoax ini keseluruh warga melalui media televisi, surat kabar dan baliho. 

Semua kejadian itu sukses membuat Peter Parker, kekasihnya MJ (Michelle Jones) yang diperankan Zendaya dan sahabatnya Ned Leeds diperankan jacob batalon yang masih bersekolah dan memiliki impian yang sama untuk kuliah di MIT (Massachusetts Institue of Technology) salah satu universitas teknologi terbaik di dunia harus kandas karena HOAX yang bertebaran. 

Inilah yang membuat Peter Parker meminta tolong Dr. Strange untuk membantunya mengembalikan kehidupan sebelum identitasnya terbongkar. Awalnya Dr. Strange (Benedict Cumberbatch) menolak untuk membantu, tapi karena mereka pernah bertarung bersama ketika melawan Thanos di film Avenger’s: End game, hati Dr. Strange pun tergerak mengucapkan mantra untuk membantu Spiderman. 

Dan tragedi pun dimulai, selama pembacaan mantra Dr. Strange di ganggu oleh Peter Parker dan pembacaan mantra ini membuat dunia lain bisa masuk kedalam dunia Peter Parker saat ini. Hal ini lah yang membuat musuh-musuh spiderman datang dari dunia lain masuk ke dunia Peter Parker. 

Jadi apakah Peter Parker bisa mengalahakan para musuhnya? silahkan saksikan sendiri film ini. Maaf jika saya tidak menceritakan detail film ini karena saya hanya ingin menceritakan rasa excited saya setelah akhirnya bisa menonton di bioskop lagi dan di barengi dengan film baru dari MCU. Tidak ada niat untuk spoiler pada artikel ini karena kenikmatan menonton adalah hak oleh pembeli tiket jadi hindari spoiler. 

Setelah saya selesai menonton film ini saya sangat terkejut, senang, dan makin penasaran dengan kisah selanjutnya karena credit scene yang menjadi teka teki film selanjutnya selalu menjadi pesona disetiap film MCU. 

Review saya mengenai film ini adalah 9.5/10 karena saya sangat terkejut oleh film ini dan sangat terhibur dengan gimmick yang ada pada film ini. Semoga film selanjutnya dapat mengalahkan kualitas dan cerita film ini. 

Makna atau Pesan dari Film Spiderman: No Way Home

Dari film ini, kita bisa mengambil pelajaran agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan yang besar. Lebih baik dipikirkan terlebih dahulu secara matang-matang dan tidak gegabah, karena hal tersebut bisa saja berdampak buruk, seperti halnya yang dialami oleh peter parker. 

Prosedur Nonton Bioskop di Masa Pandemi Covid-19

Pertama kali nonton di bioskop semasa pandemi Covid-19, tentu aja nuansanya berbeda ya. Sebab, kini ada prokes ketat yang harus dijalani. 

Saat sampai di bioskop saya diperiksa suhu badan dan diminta untuk check-in menggunakan scan barcode pada aplikasi peduli lindungi kemudian setelah check in saya mebuka aplikasi M-Tix  Cinema 21 dan membuka barcode pada tiket yang ada di hp saya ke mesin scanner dan tiket saya terprint otomatis keluar jadi tidak ada kontak fisik dengan pegawai tiketing. 

Sebelum masuk saya menuju ke XXI cafe untuk membeli beberapa cemilan, sebelum membeli saya bertanya ke pramusaji apakah didalam studio boleh makan dan minum ternyata diperbolehkan. Saya memesan makanan juga menggunakan M-Tix Cinema 21 jadi untuk transaksi dari pembelian tiket dan makanan sudah cashless dan minim kontak fisik. 

Dan waktu menonton pun tiba, saya memberikan tiket saya untuk di cek petugas pintu masuk dan setelah masuk saya mencari bangku saya dan didalam studio sudah penuh orang-orang yang penasaran dengan film spiderman no way home ini. Oh ya di dalam studio kapasitas dikurangi sekitar 50% jadi setiap bangku dipisah oleh tanda “X” yang tidak boleh ditempati penonton untuk protokol kesehatan. Saya juga mencium aroma disinfektan ketika duduk dikursi saya semoga saja semua kursi sudah disemprotkan disinfektan. 

Studio mulai gelap menandakan film akan segera dimulai. Sebelum dimulai layar dibuka dengan opening video yang sangat khas yaitu “All Around you” mendengar suara itu saja saya merinding. Haha. Dan akhirnya film dimulai. 

Demikianlah, pengalaman saya pertama kali menonton di bioskop saat pandemi Covid-19. Btw, kalian ada yang sudah nonton juga kah? Scene mana yang paling kalian sukak? Cuss sharing di kolom komentar ya.. 

Salam,




You May Also Like

3 comments

  1. Wah jadi penasaran pengin nonton film Spiderman no way home setelah baca review nya mbak, jadi semua musuh Spiderman sebelumnya masuk ke Spiderman mcu ya

    ReplyDelete
  2. Saya dengan sabar menunggu film ini muncul di Disney+ walaupun mungkin agak ketinggalan sama yg lain. Soalnya kalo nonton ke bioskop, volume dari speaker-nya itu bikin jantung deg-degan. Belum lagi AC-nya yang dingin banget mesti pake pakaian tebel kayak orang kutub.

    ReplyDelete