Review Ban Maxxis Victra S98ST di Motor Yamaha Lexi

by - November 10, 2021


Review Ban Maxxis Victra S98ST
Aktivitas kini kembali membaik semenjak PPKM jakarta menjadi level 1. Seluruh aktivitas perkantoran dan sekolah kembali dibuka walaupun tetap menerapkan prokes yang ketat. Semenjak perkantoran kembali normal, saya merasa jalanan jadi macet lagi, terutama di Bilangan Jakarta. 

Macetnya Jakarta membuat saya harus kembali menggunakan sepeda motor. Jarak yang saya tempuh dari Ciledug, Tangerang menuju kantor di Kawasan Industri Pulogadung (JIEP) sekitar 30 km. Lumayan jauh juga ya haha..

60 Km jarak yang saya tempuh setiap hari membuat Yamaha Lexi saya harus bekerja cukup keras. Salah satu bagian yang bekerja cukup keras adalah ban motor, sebab harus melewati medan yang bermacam-macam dari jalanan berkerikil, berlubang, polisi tidur, belum lagi ketika hujan turun, itu semua bisa mempengaruhi kinerja ban sepeda motor. 

Selain itu, waktu pemakaian ban motor juga perlu diperhatikan, ban motor pada umumnya perlu penggantian ketika umur pemakain sudah sekitar 1,5 tahun untuk ban depan dan 10 bulan untuk ban belakang menurut salah satu artikel dari planetban.com. Benar saja hal ini membuat saya merasa kurang nyaman saat berkendara karena usia ban motor saya sudah lebih 1 tahun khususnya ban belakang.

Saya merasa ada banyak keanehan saat berkendara ketika melewati jalan yang kurang rata. Rasanya seperti ban belakang oleng saat bermanuver di jalan berbelok dan jalan yang memiliki beda tinggi. Hal ini membuat saya bingung ada apa dengan motor saya. 

Saran dari berbagai sumber di internet dan teman-teman yang saya tanya, semuanya menyarankan untuk mengganti ban baru. Membeli ban baru bukan hal yang murah untuk dilakukan lho, karena rata-rata ban tubeless memilki harga yang lumayan mahal. 

Alhasil, karena tidak ada pilihan lain selain mengganti ban baru, akhirnya saya melakukan sedikit riset untuk mengetahui ban apa yang cocok untuk ban belakang motor yamaha lexi saya. 

Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Ban Motor

Beberapa hal yang menjadi perhatian saya dalam memilih ban adalah harga, jenis ban, merk dan testimoni pengguna.

#1. Harga

Yamaha Lexi memiliki ukuran ban standart 90/90-14 untuk ban depan dan 100/90-14 untuk ban belakang, dan fokus saya adalah mencari ban belakang karena saya menduga pada bagian inilah semua permasalahan timbul. 

Pasar ban otomotif sangat bersaing dalam memberikan harga dari yang termurah sampai yang termahal, berikut ini 3 ban yang menjadi kandidat saya:

  • Yamaha Tubeless Genuine Parts 100/90-14

Produk ban belakang ini memiliki harga Rp. 180,000 - 200,000 di e-commerce. Ban bawaan dari yamaha ini memiliki harga yang sangat bersahabat dikantong

  • Maxxis Victra S98 ST 100/90-14

Maxxis Victra dibandrol sekitar Rp. 295,000-350,000 tergantung dari masing-masing e-commerce. Ban ini direview baik oleh banyak pengendara motor MAXI Family seperti N-Max dan Aerox walaupun mempunyai harga yang lumayan mahal.

  • IRC SCT004 100/90-14

Ban buatan PT. Gajah Tunggal Tbk ini juga menjadi pertimbangan saya karena harga yang masih terbilang bersahabat dikantong. Harga yang dibandrol sekitar Rp. 220,000-250,000 tergantung e- commerce.

#2. Review

  • Yamaha tubeless genuine parts 100/90-14

Produk ini memiliki banyak peminat juga di pasaran, karena selain produk ini murah, genuine dari yamaha produk ini juga mudah di cari di bengkel-bengkel resmi yamaha. Menurut saya, ban bawaan ini cukup enak ketika dibawa berkendara ketika umur ban motor masih baru, tapi ketika sudah melewati 5 bulan, ban ini rasanya seperti kurang stabil saat digunakan dijalan yang bergelombang dan beda tinggi, entah kenapa ini bisa terjadi. 

  • IRC SCT004 100/90-14

Produk ini juga sangat banyak dipasaran seperti bengkel-bengkel ban seperti planet ban atau proban. Produk ini juga menjadi kandidat terkuat saya dalam memilih ban. Karena saya memiliki pengalaman yang cukup bagus dengan ban ini ketika dulu masih menggunakan supra x 125 tentu dengan ukuran dan tipe berbeda dengan ban Yamaha Lexi. 

Saat dulu menggunakan ban ini di motor supra, saya tidak ada komplain dan cukup awet dalam pemakaian harian. Dulu saya masih ingat ban ini baru saya ganti ketika 1.5 tahun pemakaian. Untuk experience berkendara menggunakan ban ini biasa saja tidak ada yang spesial. Ketika mengahajar lubang terasa biasa saja, manuver di tikungan juga biasa saja, tapi ban ini sangat awet kecuali tertusuk paku hingga robek.

  • Maxxis Victra S98ST 100/90
Produk ini yang paling banyak di review oleh pengendara Maxi Family Yamaha seperti N-max, Aerox, Lexi, X-max dan T-max. Produk ini digadang-gadang memiliki daya cengkram yang baik karena sudah dual compound

Compound tengah memiliki tipe medium sehingga umur ban menjadi lebih awet sedangkan bagian compound pinggir memiliki tipe soft sehingga daya cengkram saat berbelok menjadi sangat baik. Pola ban ini juga diklaim dapat menghadapi kondisi jalan yang basah dan kering, jadi relative aman ketika digunakan saat mengejar waktu di jalan raya. 

Dengan fitur inilah yang membuat saya tertarik pada Maxxis Victra karena terlihat nyaman, aman dan worth it untuk digunakan. Akhirnya saya memiih ban ini untuk menjadi pengganti ban lama saya. Dan harga yang saya dapatkan adalah Rp. 295,000 ini sudah gratis ongkir lho hehe. Tapi saya juga sempat datang ke proban dan planet ban rata-rata tipe 100/90-14 untuk Ban Maxxis Victra ini kosong, sekalinya ada harganya bisa Rp. 400.000an luar biasa mahal kan. 

Pengalaman Menggunakan Ban Maxxis Victra S98ST di Motor Yamaha Lexi

Singkat cerita, ban belakang saya sudah diganti dengan Maxxis victra S98ST ini. First impression saat saya gunakan untuk berkendaran adalah nyaman dan enak. Ya betul. Ban ini sangat enak ketika dibawa di jalan yang bergelombang dan beda tinggi, bokong juga terasa nyaman. Pun saat saya coba untuk berbelok dengan kecepatan 60-80 km/h rasanya tidak ada limbung atau ragu-ragu saat berbelok. Terasa seperti rossi, hanya saja motor Lexi tidak bisa cornering karena drajat lengkungnya yang terbatas. 

Menurut saya ini adalah ban terbaik yang pernah saya coba, walaupun harga yang paling mahal dari ketiga ban diatas rasanya nyaman mengalahkan segalanya, karena ada harga ada barang adalah hal yang nyata.

Jadi apakah saya puas dengan Maxxis Victa S98ST ini? Jawabannya untuk sementara saya sangat puas, tapi akan lebih puas lagi jika ban ini bisa lebih awet dari ban yang pernah saya gunakan dahulu. 

Sekian semoga bermanfaat~

You May Also Like

25 comments

  1. Ban Maxxis memang ok mbak, Meski harganya cukup lumayan mahal dari ban2 lainnya, tetapi sesuailah dengan kekuatannya. Karena motorku juga pake ban Maxxis.😊😊

    ReplyDelete
  2. Ini ban termasuk merk barukah, atau udah lama ada mbak Tia? Soalnya saya kurang paham merek-merek ban. Tapi setelah membaca pengalaman mbak, sepertinya ban ini layak direkomendasikan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah lama mas.. hehe..
      iya betul, memang layak direkomendasikan, walau memang harganya lebii mihil..

      Delete
  3. faktor safety menjadi pertimbangan utama saat memilih ban di samping desain dan harga murah
    ban ini cocok sekali dan masuk kriteria tersebut

    ReplyDelete
  4. mantep sih harga segitu. pasti menggigit banget di aspal

    ReplyDelete
  5. saya sudah bisa pakai michellin dengan range harga yang beda tipis. pabrik maxxis di cikarang dekat kantor dan pernah adain bazzar di pabrik, tapi sudah terlanjut mindset ban michellin bagus dan awet. hehe...

    ReplyDelete
  6. Boleh juga nih review ban maxxis victra, jadi pengen beli buat dipasang di motor Lexi... Mantap nice review min...

    ReplyDelete
  7. Kebetulan banget nih soalnya saya sedang mencari tipe-tipe ban setalah membaca artikel mungkin ban tipe ini bisa saya masukkan ke list pilihan saya ketika beli ban nanti.

    ReplyDelete
  8. Harganya lumayan juga ya untuk tipe ban Maxxis Victra, tapi no problemo ya jika berbanding lurus dengan kenyamanan pemakaiannya

    ReplyDelete
  9. Iya nih, rekomendasi banget pokoknya ini Ban maxxis. Karena menurutku ban ini awet. Saya juga pakai Ban ini untuk motor kesayangan.

    ReplyDelete
  10. Setuju kalau ada harga ada barang.. dulu pake ban harga murah cepet jebol, trs pake harga mahal lha dalah awet sampe satu tahun. Tapi Ban maxxis ini bisa buat honda apa cuma yamaha, N-Max, dkk aja ya kak?

    ReplyDelete
  11. Kalau saya suka menggunakan yang jenisnya hybrid, bukan suka sih tapi suatu keharusan.

    hybrid disini adalah ban yang bisa di segala medan,
    karena tempat saya yang masih jalannya masih tanah kuning tapi juga sering aktivitas di jalan aspal jadi saya memakai band yang tetap aman di jalan raya tapi tetep nggk licin di jalan tanah.

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah mencoba pakai ban Maxxis. Seringnya pakai IRC karena pertimbangan keawetan/tahan lama. Masing-masing merek punya poin plus minus tentunya

    ReplyDelete
  13. Aiih harganya lumayan tuh yaa kak hahaha. Tapi kalo awet dan motor jadi lebih enak dipake sih ngga masalah yaa

    ReplyDelete
  14. Baru denger juga merek Maxxis ini. Kalau saya sih konsen ke keamanan dan kenyamanan dalam memilih ban. Apalagi yang nyaman dan aman ditambah awet dan murah. Hehe. Tapi balik lagi pepatah jawa "Rego nggowo rupo". Hehe.

    ReplyDelete
  15. Herijo Said: Okelah bungkus. Sebagai sesama pengguna Lexi amat bermanfaat. Apalagi Lexi sy blm pernah ganti ban.

    ReplyDelete
  16. Bener banget sih ban motor adalah pejuang garis depan menghadapi masalah sepanjang jalan, sebab harus melewati medan yang bermacam-macam dari jalanan berkerikil, berlubang, polisi tidur dan sebagainya. Pilihan ban yang tepat tentu bikin perjalanan menggunakan motor jadi lebih nyaman. Meski dengan harga yang mayan ya haha.

    ReplyDelete
  17. Saya masih termasuk yg cuek sama otomotif-otomotif begini.. Biasanya yang ngurus ya suami hehehe:( Cuma emang kerasa banget sih kalo ban udah harus diganti tuh. Makasih review-nya ya Mba, jelas dan bikin ngerti. Bisa jadi referensi juga nihh

    ReplyDelete
  18. lah... malah liat motornya...yamaha lexi keren banget..semoga ada rezeki hehehe..aaamiin

    ReplyDelete
  19. Saya ga pernah dan gapaham tentang ganti ban, setelah tahu artikel ini nantinya mungkin saya akan lebih teliti kalau mau beli/ganti ban

    ReplyDelete
  20. Awww, terlampau keren nih MAXXIS VICTRA S98ST di Motor YAMAHA LEXI. Jadi pengen ganti ke ban ini juga. Tapi nabung dulu deh hehe

    ReplyDelete
  21. Wah kebetulan saya juga habis ganti ban Mbak, tapi ga seperti ban Maxxis Victra, kemarin aku habis 400 ribu lebih untuk bannya huhu.

    ReplyDelete
  22. Ternyata memilih Ban untuk kendaraan perlu perencanaan yang matang ya Gan? Saya termasuk jarang memerhatikan hal ini. Yang penting murah saja hehe.

    Terima Kasih Gan.

    ReplyDelete