Cara Membuat Blog Gratisan Di Blogspot, Bisa Hasilkan Cuan!

by - January 17, 2022

Cara Mudah Membuat Blog Gratisan di Blogspot

Cara membuat blog gratisan di blogspot sebenarnya mudah banget, sama halnya seperti membuat akun-akun sosial media lainnya, seperti Instagram, Twitter, facebook dan lain-lain. So, biar gak bingung saya kasih tutorial nya disini ya.. 

Btw, saya bikin tutorial ini atas permintaan beberapa teman-teman di Instagram. Jadi, beberapa tahun belakangan ini, saya memang menjadikan blog sebagai ladang penghasilan, beberapa kali juga saya share di Instagram story. Alhasil, beberapa followers saya yang non blogger banyak yang bertanya dan tertarik juga untuk merintis karir lewat blog. 

Nah, daripada saya menjelaskan satu per satu lebih baik tulis disini aja ya kan? Hehe.. 
Tapi sebelumnya, saya mau sharing dulu nih, apa aja sih manfaat membuat blog..?

Manfaat Membuat Blog, dari Menyalurkan Hobi Hingga Menghasilkan Cuan!

Memiliki blog itu banyak sekali manfaatnya, terutama bagi kamu yang punya hobi menulis. Nah, berikut berbagai manfaat memiliki sebuah blog. 

#1. Menyalurkan Hobi Menulis

Manfaat pertama adalah untuk menyalurkan hobi menulis. Tentu saja hampir semua blogger punya hobi menulis ya. Kalau engga, ya ngga mungkin bisa menikmati ngeblognya ya kan? 

Lalu gimana kalau gak punya hobi menulis tapi pengen ngeblog juga? Ya gapapa banget sih. Dengan rutin ngeblog lama kelamaan skill menulis mu akan terlatih kok. Dan lama-lama kamu akan terbisa untuk menulis dan mengembangkan cerita atau artikel.

#2. Melepas Stress / Sarana Untuk Curhat

Banyak orang yang ngeblog sebagai sarana untuk melepas stress, termasuk juga saya. Biasanya menulis bisa menjadi self healing, hati juga terasa adeum dan tentram. Tak jarang menulis juga saya jadikan sebagai sarana untuk curhat biar hati jadi lega. Yaps, ketimbang curhat langsung dengan orang, saya lebih memilih untuk menuliskannya saja. 

#3.  Menambah Ilmu Pengetahuan

Ngeblog juga bisa menambah ilmu pengetahuan, apalagi kalau kamu sering ikutan lomba blog atau mendapatkan job dengan tema tertentu. Otomatis kamu harus mempelajari materi tersebut kan? Dengan demikian ilmu pengetahuan juga makin bertambah. 

#4. Sebagai Ladang Penghasilan

Nah, kalau kamu udah rutin nulis di blog, lama kelamaan performa blog akan naik. Biasanya kalo performa blog naik akan ada tawaran kerjasama dari klien seperti job content placement, sponsorpost atau produk review. Kita juga bisa daftar diberbagai marketplace backlink seperti vira, sosiago, rajabacklink, intelliffluence dan lain-lain. Kita juga bisa ikutan lomba blog, yang kalo beruntung bisa menang, hadiahnya lumayan bangeet. 

Cara Mudah Membuat Blog Gratisan di Blogspot

Nah, gak perlu berlama-lama lagi, berikut saya berikan tutorial membuat blog gratisan di blogspot. Simak baik-baik sampai akhir, ya.. 

#1. Buka laman https://www.blogger.com/, lalu klik create your blog

Cara Membuat Blog Gratisan di Blogspot

#2. Sign in menggunakan email, masukkan alamat email dan password

cara mudah membuat blog

#3. Lalu, pilih nama untuk blog kamu, masukkan saja nama yang kamu inginkan ya, kemudian klik berikutnya



#4. Selanjutnya pilih url untuk blog kamu, masukkan url yang diinginkan lalu klik berikutnya



#5. Konfirmasikan nama tampilan, klik selesai 



#6. Selesai deh, blog kamu siap untuk digunakan

#7. Kamu bisa mengecek blog yang kamu buat dengan mengetikkan alamat/situs tersebut. Misalnya, tadi saya membuat blog dengan alamat www.arfandinastian.com, lalu saya ketikkan alamat tersebut pada tab baru. Muncullah tampilan seperti dibawah ini.



#8. Selanjutnya, kamu bisa melakukan editing blog sesuai dengan yang diinginkan, seperti tata letak, tampilan, font dan lain-lain. untuk melakukan editing, klik saja menu tata letak yang berada di sebelah kiri dasbor. 


#9. Jika desain atau tampilan blog telah sesuai, kamu bisa mulai menulis. Klik saja “postingan baru”. Kamu juga bisa mengedit tampilannya lagi bila dirasa kurang sesuai. 

Demikianlah, cara membuat blog gratisan di blogspot. Mudah banget kan? Semoga artikel ini bermanfaat ya.. Yuk, mulai buat blog kamu dan mari kita hasilkan cuan melalui blog.. 

Salam,





You May Also Like

7 comments

  1. jadi keinget waktu pertama kali dulu utak atik blogspot bermodalkan beli buku
    sampe gonta ganti template, nambah widget yang ada musiknya juga uda pernah

    ReplyDelete
  2. Buat blog udah dari lama, tapi karena ga serius-serius amat mengembangkan blog, jadi yaaa belum banyak tau tips dan trik mengembangkannya. Dulu pas awal-awal sering banget gonta ganti template. Sekarang boro-boro wkwk takut otak atik jadi berantakan dan ga sempet benerinnya ehehe

    ReplyDelete
  3. Dulu awal-awal punya blog pengen banget utak atik template biar kelihatan ahli tapi pas lihat kode-kodenya malah pusing..wkwkwk

    ReplyDelete
  4. sejauh ini juga cuma gratisan, hanya ingin mengeluarkan isi kepala lwt tulisan hihi

    ReplyDelete
  5. Ikut menyimak, Mbak. Ulasan yang bermanfaat. Awal mau punya blog, ke sana sini minta dibuatin sama anak tetangga. Terima kasih telah berbagi informasi.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, udh 10 tahun lbh saya msh setia sama blogger. Cuan jg ngalir trs, hehe

    ReplyDelete
  7. Nice post mba, kadang kita yang sudah lama ngeblog merasa sudah bisa. Padahal masih banyak pemula yang butuh tutorial begini

    ReplyDelete